The Real Campus Station

Diberdayakan oleh Blogger.

Slider Top

[6][true][slider-top-big][Slider Top]
You are here: Home / Idolakan Model Kepemimpinan Nabi dalam bedah buku Karya Alumni STAIN Jember

Idolakan Model Kepemimpinan Nabi dalam bedah buku Karya Alumni STAIN Jember

| No comment


HUMAS-Pola kepemimpinan yang pernah diperankan oleh Nabi Muhammad SAW pada masanya hingga kini tetap menjadi idola banyak kalangan, salah satunya seperti yang ditulis oleh lulusan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Jember, Shoni Rahmatullah Amrozi dalam buku perdanya  “The Power Of Rasulullah’s Leadership” yang dibedah pada hari Jum’at (28/09) diruang Aula.
Menurutnya menjadi perlu dan harus segera dilakukan perubahan paradigma kepemimpinan, apabila ingin terwujud iklim kerja yang baik dalam institusi atau lembaga apapun, salah satunya menyangkut pola hubungan atasan-bawahan harus bisa menuju kearah kemitraan bersama, bukan hanya bersifat hierarkis-komando yang selalu menempatkan bawahan hanya sebagai obyek tanpa daya, akibatnya institusi atau lembaga yang dipimpin mandeg tidak bisa mewujudkan tujuan lembaganya, Ungkapnya.
Pola kepemimpinan yang pernah diperanka oleh Nabi saat itu, menurut shoni bisa menjadi alternatif model kepemimpinan yang sangat dibutuhkan oleh banyak masyarakat. Diakuinya Nabi Muhammad SAW bisa menjadi seorang pemimpin yang sangat dicintai oleh umatnya, Nabi bisa memerankan diri sebagai seorang pemimpin yang penuh dengan amanah, bisa membimbing, memiliki kepribadian yang baik, Jujur, tanggung jawab, Visioner, Disiplin, kerjasama yang baik, adil dan mau peduli terhadap yang lainya, kriteria kepemimpinan ini sangat idial, apalagi kesuksesan kepemimpinan Nabi Muhamammad SAW dalam memberikan uswah Nabi kepada pengganti-pengantinya (sahabat-sahabatnya) dinilai sangat idial apabila bisa menjadikan pilihan dalam melaksanakan pola kepemimpinan,” Jelasnya kepada peserta bedah buku.
Pria lulusan S-2 STAIN Jember tahun 2011 lalu ini juga berharap agar buku perdana yang telah diterbitkannya ini bisa mengembalikan eksetensi para pemimpin pada nuansa yang lebih agamis dengan mengadopsi culture keislaman, selain itu juga bisa menjadi tambahan motivasi khususnya bagi pemimpin untuk lebih baik dalam menyongsong perubahan dimasa yang akan datang.
Sepadan dengan itu, sebagai pembanding dalam bedah buku “The Power Of Rasulullah’s Leadership” karya salah satu alumni STAIN Jember, Guru Besar Bidang manajemen Pendidikan STAIN Jember, Prof. Dr. H. Moh. Khusnuridlo, M.Pd menambahkan, Kepemimpinan Nabi Muhammad SAW juga dinilai sangat mondial, karena dibangun dari latar kehidupan majemuk dan luas, teruji secara empiris, otentik, diintervensi wahyu yang perspektif, karenanya kepemimpiannya dapat dipandang sebagai kepemimpinan wahyu,” Tambahnya.
Meskipun demikian, Pria asal ponorogo yang pernah memimpin STAIN Jember dalam kurun dua periode ini selain memberikan apresiasi terhadap terbitnya buku “The Power Of Rasulullah’s Leadership” karya Shoni Rahmatullah Amrozi, juga memberikan konfirmasi sugesti pada isi buku itu, katanya dengan merujuk kepada subheadline “menelusuri  uswah sifat fundamental kepemimpinan Rasulullah SAW, sedianya lebih fokus mengeksplorasi perilaku, model dan sifat kepemimpinan rasulullah SAW dari pada mensejajarkan teori-teri kepemimpinan moderen.
Sementara ketua STAIN Jember, Prof Dr. H. Babun Suharto, SE., MM yang hadir dalam pembukaan bedah buku ini menyampaikan apresiasinya selain kepada penulis buku juga kepada Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Tarbiyah yang telah memberikan sarana pelaksanaan bedah buku karya alumni STAIN Jember. Kegiatan bedah buku ini diharapkan bisa menjadi sarana yang baik untuk pengembangan keilmuan di STAIN Jember, diakui juga olehnya STAIN Jember pada saat ini sedang melakukan percepatan peralihan status menuju IAIN, karenanya berbagai kegiatan pengembangan terus dilakukan seperti kerjasama dengan perguruan tinggi Sudan yang dilakukan sehari yang lalu. (Minan jauhari/Roni/HUMAS)



Source: http://www.stain-jember.ac.id/v2/html/index.php?id=berita&kode=238




.